judul buku : Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi.
penulis: Wijayah kusumah,S.pd.,M.pd.
penyunting isi dan bahasa : Yuan Achtira,S.E.
Penata letak : Kancilmas.
Penyelaras: Marcella Virgina.
Pemodifikasi desain sampul: Haris Juniarto.
tebal buku: 302 halaman
cetakan pertama : 2012
penerbit : Indeks penerbit
  Di awal bab dituliskan bahwa kita harus membiasakan menulis setiap hari seperti yang dituliskan oleh penulis di dalam buku " menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi" kita juga harus menulis tulisan yang bermakna karena tulisan itu akan dibagikan ke semua orang.  bagaimana cara membuat tulisan yang bermakna? dalam buku itu dijelaskan bahwa pertama-tama kalian harus tau kalau tulisan yang baik tidak langsung sekali jadi. butuh proses yang panjang. Proses editing juga harus dikuasai penulis agar tulisan nya bisa dibaca semua orang.kalian harus menulis apa yang kalian kuasai. lalu yang pasti kalian harus menghilangkan rasa malas kalian. 
 lalu dibab selanjutnya dituliskan, untuk membuat tulisan yang baik kalian harus banyak membaca. karena dari buku kalian bisa mendapatkan wawasan baru. karena kita berada di era digital kita bisa baca e-book melalui gadget masing-masing walaupun tidak  selengkap yang ada di toko buku. tapi sebenarnya banyak juga buku yang bermakna sangat baik yang bisa kita baca. namun sekarang walaupun kita berada di era digital banyak juga orang yang lebih menyukai buku offline atau buku yang dapat dibeli di toko buku. karena juga tidak semua penjuru nusantara memiliki internet.
Apakah kalian pernah merasa ngantuk pas baca buku? dibab yang sama omjay sebagai penulis menceritakan temannya yang mengantuk saat membaca buku. menurut omjay kita suka mengantuk saat membaca buku karena buku tidak dijadikan sebagai sarana untuk melihat sunia yang lain dan kita tidak fokus dengan apa yang disampaikan oleh buku yang kalian baca.dibuku itu juga ada rekomendasi buku agar kalian dapat fokus dalam membaca yaitu bku karya Agus Setiawan yaitu "baca kilat". diakhir bab omjay menuliskan menurutnya buku adalah perjalanan keliling dunia sampai akhir menutup mata.
 selanjutnya di buku ini juga dijelaskan bagimana jika menulis terasa hambar. ternyata kita harus melakukan proses deep reading atau membaca secara mendalam. selain itu dibuku ini  juga dijelaskan cara mudah menulis buku juga cara menulis dengan efektif. menulis juga ternyata tidak boleh dipaksakan. apalagi ketika kita sedang mengantuk. banyak lagi yang ditulis di buku ini. terimakasih sudah membaca!

Comments

Popular posts from this blog

liburan kemana?

Libur lagi

coding dimata anak smp labschool Jakarta